Jumat, 25 Juni 2010

Cikampek







Cikampek merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, dengan luas wilayaj 47,6 km2 dan jumlah penduduk 99.427 jiwa, sehingga kepadatan penduduk mencapai 2.089 jiwa/km2. Cikampek berada di dataran rendah, di bawah 100 m dpl.  Terdapat wacana yang makin menguat untuk pembentukan Kabupaten Cikampek, meliputi beberapa kecamatan di Karawang bagian timur.

Cikampek adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Cikampek telah dimekarkan menjadi tiga kecamatan yaitu :

1. Cikampek

2. Purwasari

3. Kotabaru.

Cikampek merupakan kota kecil yang dilalui jalur strategis Pantura dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Cikampek pula terdapat persimpangan rel kereta api antara Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon. Setiap mendekati hari raya lebaran, Cikampek selalu menjadi langganan di layar kaca. Kemacetan arus mudik di pintu tol Kopo menjadi barometer padatnya arus lalu lintas di Pantura.

Cikampek memiliki 4 buah pasar yang berada dalam satu lingkungan dan sebuah terminal, yang sebelum dibangun Jalan Tol Cikampek-Jakarta adalah terminal tersibuk di Jawa Barat, karena merupakan persimpangan Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon. Tetapi sejak jalan tol dibangun secara berangsur-angsur fungsi terminal Cikampek berkurang. Saat ini terminal Cikampek hanya berfungsi sebagai tempat ngetem Angkutan Kota dan sedikit Bis Antarkota-Antarprovinsi yang melayani Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Tasikmalaya.

Bila menjelang Lebaran, jalur Cikampek-Pamanukan adalah jalur macet di Pantura karena berakhirnya pintu tol di Cikopo sehingga memaksa kendaraan roda empat keluar dari tol dan memasuki jalan dalam kota Cikampek. Di luar suasana Lebaran pun kesemerawutan Cikampek dengan para pedagang kaki-lima, tukang becak, tukang ojek dan angkutan kota sangat kentara sehari-hari, ditambah lagi dengan adanya dua pintu perlintasan kereta api Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon.

Perekonomian warga Cikampek sebagian besar adalah pedagang dan karyawan pabrik. Setidaknya ada 2 Kawasan Industri besar di wilayah ini yaitu Kota Bukit Indah dan Indotaisei. Di samping itu ada beberapa kawasan yang juga dipakai sebagai arena industrialisasi, seperti Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) yang berada didalam area PT. Pupuk Kujang (Persero)- sebuah BUMN produsen pupuk urea.

Di Cikampek pada tahun 2006 telah pula dioperasikan Depo BBM Pertamina untuk melayani konsumen di daerah timur Jakarta seperti Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta, Indramayu dan Cirebon.

Saat ini tumbuh banyak warnet di daerah Cikampek, dan yang paling terkenal adalah Warnet Red Point yang terletak di Jl. Jurusan Parakan, Sukamanah Cikampek Barat. Konsentrasi warnet terbanyak adalah di daerah Jl. Ir. Juanda.

Peremajaan pasar-pasar di Cikampek mulai tahun 2010 membuat pasar tradisional yang terkesan sumpek menjadi semakin modern.


Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Cikampek,_Karawang


Sumber Gambar:

http://zonabusana.files.wordpress.com/2008/07/peta1.gif

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c6/Locator_kabupaten_karawang.png

http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=400364

http://www.detiknews.com/read/2009/09/18/133332/1206448/10/pintu-keluar-tol-cikampek-macet-panjang

http://nortbird.wordpress.com/2008/07/23/peninjauan-pabrik-dan-temu-alumni-menwa-yon-iitb/dscf2620_fs/




1 komentar: