Kamis, 24 Juni 2010

Jawa Barat Percepat Pelabuhan Cilamaya

Pemerintah Jawa Barat akan mempercepat pembangunan Pelabuhan Internasional Cilamaya di Karawang. "Ada sejumlah pertemuan informal yang kami lakukan untuk itu" kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Kamis (29/4).

Pertemuan informal itu dilakukan dengan Kementerian Perhubungan berkaitan dengan rencana Jawa Barat yang ingin memiliki pelabuhan sendiri. “Tentu masih panjang, ada sejumlah pertemuan yangh harus kita lakukan,” katanya.

Heryawan mengatakan, pemerintah Jawa Barat menganggap penting memililiki pelabuhan sendiri. Dia beralasan, 60 persen industri manufaktur Indonesia berada di wilayah Jawa Barat. “Oleh karenanya, Jawa Barat ketika memiliki pelabuhan sendiri itu menjadi tuntutan,” katanya.

Dengan memiliki pelabuhan sendiri, minimal bisa mendongkrak besaran APBD Jawa Barat. Kendati besarannya belum dihitung pastinya, pendapatan daerah bakal signifikan naiknya. “Ongkos trasnportasi (pengiriman barang lewat laut) menjadi lebih murah,” katanya.

Sehari sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dicky Saromi mengatakan, pemerintah Jawa Barat membutuhkan kepastian posisi pelabuhan Cilamaya nantinya. “Target kita harus tahu positioning-nya dulu,” katanya.

Soal posisi pelabuhan itu nanti masih menunggu hasil studi yang dilakukan oleh Kementerian Pelabuhan mengenai tatanan kepelabuhan di Indonesia. Studi itu mengenai itu tengah dilakukan kementrian mengenai Master Plan pengembangan pelabuhan di Teluk Jakarta yang didanani JICA. Juli ini diperkirakan studi itu rampung.

AHMAD FIKRI 


Sumber :

http://www.tempointeraktif.com/hg/bandung/2010/04/29/brk,20100429-244340,id.html

29 April 2010




Tidak ada komentar:

Posting Komentar