Kamis, 24 Juni 2010

Yang Besar dan Murah Dari Cikampek Utara


Berjarak tidak jauh dari Stasion Kereta Cikampek, di Kecamatan Kota Baru, tepatnya di Desa Cikampek Utara terdapat sebuah kampung bernama Mekar Jaya. Disana ,Anda akan menemukan sebuah gang yang dibagian depannya terdapat sebuah gapura bertuliskan “Sentra Industri Kecil Pengrajin Boneka.” Apa yang kemudian akan ditemukan disana?

Memasuki gang kecil itu, bagi Anda yang belum pernah berkunjung, dipastikan akan takjub. Karena, di kanan dan kiri Anda akan melihat rumah-rumah penduduk yang dibagian depan dan dalamnya terdapat orang-orang yang sedang membuat boneka. Pemandangan itu akan Anda dapatkan hingga ke pelosok gang.

Layaknya para peserta sebuah lomba yang dibagi kedalam ruang-ruang perlombaan, itulah aktivitas warga kampung tersebut. Hampir semuanya adalah pengrajin boneka. Dengan serta merta kebanyakan rumah mereka disulap menjadi bengkel atau pabrik pembuatan boneka (home industri). Maka, berdasarkan hal tersebut tidak salah kalau kawasan ini mendapat predikat sebagai Sentra Pengrajin Boneka atau Pusat Pengrajin Boneka Cikampek Utara.

Sesuai penelusuran KarIn di lapangan, keberadaan Sentra Pengrajin ini, dimulai dari usaha seorang warga bernama Epong Carsipan di tahun 80-an. Ia, adalah orang yang pertama kali memproduksi boneka disana, hingga akhirnya diikuti oleh warga lainnya yang sebelumnya menjadi pekerjanya. Lebih lanjut silahkan simak di rubrik Inspirasi Warga : ‘Sang Pelopor Itu Bernama Epong Carsipan.’

Menurut keterangan warga disana, setidaknya terdapat 50 rumah lebih dijadikan sebagai tempat produksi boneka. Rata-rata disetiap rumah terdapat 10 orang pengrajin, dimana mereka kebanyakan adalah warga asli kampung tersebut, baik itu sanak keluarga, tentangga, bahkan ada juga warga luar, baik yang masih dari Karawang maupun luar Karawang.

Murni kerajinan tangan dan hanya dibantu dengan mesin jahit yang standar, itulah ciri khas produksi boneka disana. Kerapihan dan ketelitian serta sentuhan pembuatnya yang dengan penuh perasaan mencipta karya itulah yang menjadi hal menarik lainnya.

Kembali kebagian depan gang, terdapat sekitar 10 penampung boneka atau distributor, yang siap menyalurkan atau memasarkan hasil kerajinan warga tersebut. Rata-rata, distributor ini juga merupakan warga kampung sana.

Menurut keterangan seorang distributor yang KarIn temui, boneka-boneka hasil kerajinan warga ini disalurkan ke berbagai daerah terutama di luar Karawang, seperti Jawa Timur, jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera dan berbagai daerah lainnya diluar Jawa.

“Kalau kita pemasaran ini kebanyakan dari luar daerah. Sistem pembeliannya, mereka tranfer terus kami kirim barang. Mereka order barang dulu,” ujar Nurul Hayat salah seorang distributor.

Nurul mengungkapkan lebih lanjut, jika pemasaran boneka dari Cikampek Utara ini tidak melalui promosi langsung seperti halnya yang dilakukan oleh industri besar. Para distributor lokal ini hanya mengandalkan koneksi atau kenalan yang ada. Mengingat, dikalangan pedagang dari luar atau distributor luar pun memang sudah mengetahui keberadaan Sentra Pengrajin ini. Sehingga, para pembeli itu sendirilah yang biasanya datang ke para distributor lokal yang mejembatani antara pengrajin dan pembeli. Selain bertindak sebagai penyalur, distributor lokal ini pun sering juga bertindak sebagai pemberi pinjaman modal bagi para pengrajin, terutama dalam hal bahan baku.

Mengenai produk unggulan atau kualitas yang ditawarkan dari boneka-boneka produksi warga ini, berdasarkan pendapat kebanyakan konsumen, Nurul mengatakan, “Kata si pembeli luar daerah sih : besar, murah itu khusus Cikampek sini. Kan sentra boneka itu ada di Cikampek Utara (Kota Baru), Bandung, Bogor dan Bekasi, nah kalo disini yang terkenalnya itu tadi : besar, murah meriah, untuk menengah kebawah pasarannya, dibawah 100 rebu untuk yang paling besar. Kalo untuk menengah keatas kan ada lagi jenisnya,” tegas Nurul yang diamini seorang pengrajin yang tengah berada di tokonya, ketika KarIn menginterviewnya.

Sejauh ini, sekitar 100 jenis boneka telah dihasilkan oleh pengrajin di sentra ini. Adapun yang menjadi primadona adalah boneka jenis panda. Selain karena ukurannya besar, juga karena harganya murah, dan lebih dari itu jenis panda inilah jenis yang pertamakali dibuat dioleh pengrajin di Mekar Jaya ini. Besar dan murah itulah yang memang kemudian benar-benar menjadi ciri khas boneka disana.

***

Keberadaan Sentra Pengrajin Boneka ini, setidaknya telah menghidupi ratusan warga kampung tersebut. Bukan hanya yang menjadi pengarajin, tapi juga yang bertindak sebagai distributor. Ini menjadi sebuah solusi, yang memang sudah harusnya dikembangkan di daerah lainnya khususnya di Karawang. Sebuah solusi untuk menciptakan lapangan kerja dan mengatasi persoalan pengangguran, ditengah industri-industri besar yang tidak serta merata diisi oleh pekerja dari penduduk lokal. (Deni Andriana)


Sumber:

Deni Andriana

http://www.karawanginfo.com/?p=800

15 Januari 2009




Tidak ada komentar:

Posting Komentar